4 Tips Akomodasi Murah ala Backpacker Pemula

Bagi sebagian orang, travelling menjadi sebuah hobi yang biasanya dilakukan secara rutin. Terkadang gw juga heran dengan kondisi keuangan mereka, yang bisa membuat mereka terus jalan-jalan setiap bulan bahkan sampai dua pekan sekali. Destinasi yang mereka kunjungi juga beragam, dan pastinya cukup merogoh kocek.

Karena penasaran, akhirnya gw mencari tahu cara mereka bisa liburan, karena kondisi keuangan mereka hampir sama dengan kebanyakan orang. Setelah ditelusuri, ternyata mereka bertravelling ala backpacker. Menurut mereka, cara ini efektif bisa menekan biaya jalan-jalan.

Ga pake nunggu lama, gw pun langsung praktek liburan alaa mereka. Dan ini sebagian tips-tips yang bisa dipraktekkan kalau mau bertravelling ala backpacker.

  1. Pilih hostel daripada hotel

Hostel bikin penghematan luar biasa selama gw backpackeran. Karena dengan menginap di hostel gw bisa saving hingga 50% jika gw nginap di hotel. Hostel sendiri sepengetahuan gw memiliki dua konsep kamar yaitu seperi lorong asrama dengan banyaknya kasur dalam satu kamar (dorm) atau khusus satu kamar. Harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan menginap di hotel (sudah terbukti!)

hostel backpacker jogja

Karena murah, gw rada-rada parno dan ekstra hati-hati jaga barang. Yang ditinggal di sini cuma baju kotor tok. Apalagi dengan kamar tipe dorm, tamu ataupun penghuni lainnya yang satu kamar leluasa masuk ke dalam kamar. Cari hostel yang juga menyediakan loker untuk menyimpan barang-barang berharga yang ga bisa dibawa-bawa selama city tour.

  1. Rencanakan Jauh-jauh Hari

Nah, prinsip ini juga dipake oleh travel mania. Karena jalan saat wiken apalagi dadakan sudah pasti akan membuat budget travel membengkak. Tapi karena gw cuma punya waktu weekend, maka gw menyiasatinya dengan merencanakan liburan jauh-jauh hari. Bahkan bisa setahun – 6 bulan sebelumnya. Apalagi kalo bukan cari hostel/hotel dengan harga promo. Cara ini ampuh bisa memberi penghematan hingga 30%.  Selain itu, gw juga menghemat jatah cuti kantor. Gw sudah siapkan cuti khusus untuk liburan. Sehingga gw bisa travel di weekdays dan menikmati suasana yang lebih tenang karena yang lainnya sedang bekerja.

  1. Berangkat di waktu malam

tidur di mobil - bus

Untuk menghemat biaya hostel atau penginapan murah, terkadang gw berangkat travelling di malam hari. Gw bisa tidur dan beristirahat di pesawat atau di kendaraan. Lumayan kan bisa hemat biaya hostel satu malam. Memang sih tidak terlalu nyaman tidur di kereta atau bis. Tapi itulah cara gw mengakali biar akomodasi backpacking jauh lebih murah. Setelah sampai di lokasi, biasanya gw cari kamar mandi umum yang bersih sebelum melanjutkan perjalanan ke destinasi wisata.

  1. Hubungi Teman Dekat

nginap dirumah teman dekat

Jurus teman dekat merupakan jurus liburan kere saat masih kuliah dulu. Karena begitu inginnya jalan-jalan, tapi budget jauh dari cukup. Kalau nunggu cukup keburu selesai kuliah dan teman yang jadi target kembali ke kotanya. Dengan menginap di rumah teman, paling tidak gw sudah menghemat biaya penginapan dan sedikit biaya makan. Ga mungkin kan, tamu ga dijamu oleh tuan rumahnya, hehee…. Biasanya gw menghubungi teman-teman yang rumahnya berada tidak jauh dari lokasi wisata. Dan karena teman kuliah, temanku dan keluarganya senang menerima kehadiran gw .

Itulah beberapa tips yang gw pake untuk menekan biaya jalan-jalanku. Dengan cara ini gw bisa mengatur waktu berlibur minimal dua bulan sekali. Mungkin kalau ga hectic dengan kerjaan, bahkan gw bisa jalan-jalan seminggu sekali.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2017 Travelselcuk All rights reserved